Nu_Date

Change is uncertain to be sure

Mengenal Corel Draw X4

Posted by AbinyaSakhy on 18/09/2015


New Picture

Pendahuluan

Quick Start

Pengertiain corel draw ini dimaksudkan untuk lebih memberkan pemahaman kepada siapapun yang sedang dan akan menggunakan corel sebagai salah satu aplikasinya. Ketika pertama kali corel di aktifkan, maka akan muncul  sistem kotak dialog berisi selamat datang, dan pada saat bersamaan, maka ada beberapa lembar proses yang bisa di aktifkan yakni:

 

  1. Whats new

Sebuah aplikasi yang fungsinya memberikan informasi ihwal berbagai fasilitas baru yang disediakan dalam corel X4.

  1. Quick start

Membantu dalam mempermudah persiapan ruang perencanaan grafis atau[un ketika adanya perubahan rancangan grafis yang pernah dilakukan sebelumnya

  1. Gallery

Berfungsi mengunjungi situs yang beragam komuitas pengguna corel draw. Dimana pada isi situs tersebut terdapat banyak sekali beragam rancangan grafis yang memakai perangkat lunak corel draw.

  1. Learning tools

Alat yang digunakan untuk mempermudah penggunaan berbagai perangkat corel draw yang  disediakan.

  1. Update

Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunjungi situs resmi software corel untuk berbagai macam keperluan

Mengenal Area Kerja CorelDraw X4

Area Kerja CorelDraw X4

 

-Title Bar

Memberi informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. Pada ujung pojok kanan atas terdapat tombol Maximize Button untuk membuat tampilan CoreDraw satu layar penuh, Minimize button untuk meletakkan program pada Taskbar menu, sedangkan Close button untuk mengakhiri program.

– Menu Bar

Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menu menu tersebut.

– Standard Tool Bar

Perintah – perintah yang sering digunakan dapat juga diakses melalui Standard Tool Bar. Pada Standard Tool Bar terdapat icon – icon perintah yang sering kita gunakan, misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan sebagainya. Hanya dengan klik sekali pada icon yang dimaksud maka perintah akan langsung dijalankan oleh CorelDraw.

– Property Bar

Property Bar merupakan baris perintah yang unik, karena tampilannya akan selalu berubah dan perintah-perintah yang ada didalamnya akan menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif pada tool Box. Misalnya tool Box sedang aktif pada Zoom Tool, maka akan memunculkan property dari Zoom tool, demikian juga dengan tool-tool yang lain. Disini kita akan dapat lebih cepat dalam mengakses perintahperintah yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif.

– Horizontal Ruler

Berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu-waktu.

– Printable Area

Merupakan area dimana desain kita diletakkan untuk dicetak. Untuk mendesain kita boleh di luar printable area, namun ketika akan dicetak maka harus dimasukkan ke printable area tersebut.

– Color Palette

Warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain grafis. Corel Draw memberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai model warna. Kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette, Color dialog box, maupun Color Roll-up untuk memilih warna isi, outline, kertas dan lainlain. Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui Onscreen color palette yan gtesedia di sebelah kanan window.

– Tool Box

Merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk pembuatan obyek dasar, editing obyek, efek-efek interaktif dan lain lain.

– Vertical Scrool Bar

Penggulung halaman secara vertical. Anda dapat menggeser scrool bar ke atas dan
kebawah untuk memperluas lembar kerja atau untuk melihat bagian tertentu dari
gambar yang belum terlihat.

– Vertical Ruler

Vertical ruler berfungsi untuk membuat garis bantu vertical.

– Horizontal Scrool Bar

Penggulung halaman secara horisontal. Anda dapat menggeser horizontal scrool bar untuk melihat bagian kanan atau bagian kiri laembar kerja yang belum terlihat.

– Status Bar

Memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan, koordinat posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang diaktifkan, baik warna fill maupun outline. Yang perlu diperhatikan pada setiap bagian window Corel Draw adalah, kita dapat mengakses suatu perintah melalui berbagai cara yang kita sukai. Misalnya untuk membuat file baru, dapat memalui menu bar, tool bar, maupun menggunakan perintah Short Cut.

– TOOL BOX

Tool Box merupakan sarana utama pada Corel Draw. Tool Box menyimpan berbagai perintah perintah untuk membuat obyek dasar, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain. Sebelum memulai desain terlebih dulu disiapkan format halaman yang digunakan, jenis kertasyang dipakai, ukuran, orientasi kertas dan lain-lain.

Advertisements

2 Responses to “Mengenal Corel Draw X4”

  1. Muhe said

    bro nu anyar atuh x7 tutorialna… sayah rada lieur uy keur ngulik x7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
Herdis Suryatna

Pengalaman adalah guru yang terbaik